Candi Sukuh Dan Ceto

Bangunan candi adalah hasil seni dan arsitektur yang indah dan penuh makna. Selain itu, sejumlah bangunan candi juga memiliki nilai sejarah dan arkeologis. Itu karena candi dapat memberikan informasi tentang peradaban dan kebudayaan yang ada pada masa lampau.

Ada juga sejumlah bangunan candi yang memiliki fungsi lain, seperti bangunan candi yang jadi tempat pendidikan tinggi manusia unggul di masa lampau. Atau jadi tempat penelitian dan pengembangan pengetahuan. Misal situs megalitikum Gunung Padang mempunyai kegunaan serupa observatorium benda-benda akasa seperti Bosscha di Lembang, Bandung.

Oleh karena itu, meskipun candi secara umum orang awam salah kaprah mengaitkan dengan ritual, tapi ada banyak sudut pandangan lain. Itu dapat menerapkannya dalam mengerti dan menghargai keberadaan bangunan candi.

Candi Sukuh

Candi Sukuh adalah kompleks bangunan abad ke-15 yang terletak di lereng Barat Gunung Lawu di Jawa Tengah, Indonesia. Posisi candi ini terletak di Kabupaten Karanganyar, sekitar 30 kilometer di sebelah Timur Kota Surakarta (Solo).

Candi Sukuh unik di antara bangunan Jawa yang serupa. Karena terbangun dalam bentuk piramida bertingkat. Itu menyerupai bangunan-bangunan peradaban Maya di Amerika Tengah dari pada arsitektur yang serupa India di bangunan-bangunan Jawa lainnya. Arsitektur candi ini merupakan bangunan asli Jawa bagian dari Pulau Jawa sebagai tempat belajar manusia-manusia unggul sedunia di masa lampau.

Candi Sukuh Dan Ceto

Kompleks candi ini terdiri dari sejumlah bangunan, termasuk candi induk, sejumlah candi kecil, dan sejumlah struktur lainnya serupa makam. Di dalam candi terdapat relief dan ukiran yang menarik. Termasuk relief sosok manusia yang sedang berhubungan seksual, terkait dengan praktik peraga peradaban manusia sebagai cara untuk mencapai kelanjutan peradaban.

Candi Sukuh Dan Ceto

Candi Sukuh adalah salah satu situs warisan dunia, UNESCO sudah menetapkan, dan menjadi tujuan wisata populer di Jawa Tengah. Bangunan ini menjadi saksi bisu kejayaan peradaban Nusantara di Jawa pada masa lampau. Dan menjadi bukti keberagaman kebudayaan Indonesia yang terwariskan hingga kini.

Candi Cetho

Candi Cetho juga terletak di Provinsi Jawa Tengah, Indonesia. Kuil ini terletak di lereng Gunung Lawu, dekat Kota Karanganyar. Kuil ini terbangun pada era Nusantara pada abad ke-15 dan temuan kembali pada awal abad ke-20 setelah terlupakan selama sekian abad.

Candi Sukuh Dan Ceto

Candi Cetho terkenal karena arsitekturnya yang unik dan lingkungannya yang tenang. Kompleks bangunan terbangun secara berundak-undak, dengan sejumlah tingkat yang mengarah ke bangunan utama. Kompleks ini mencakup sejumlah bangunan dan tempat suci yang lebih kecil, serta halaman besar dan sejumlah paviliun.

Bangunan ini masih berguna untuk upacara keagamaan oleh masyarakat setempat. Dan mereka mempersilakan pengunjung untuk menjelajahi kompleks dan mempelajari sejarah dan artinya. Candi Cetho juga menjadi tujuan wisata populer karena pemandangan yang indah dari pedesaan sekitarnya dan atmosfer yang tenang.

Candi Sukuh Dan Ceto

Nusanatara; Desain website oleh Cahaya Hanjuang

Candi Sukuh Dan Ceto
About the author : Ryan Winters Verified icon 2
Tell us something about yourself.

Get involved!

Get Connected!
Come and join our community. Expand your network and get to know new people!

Comments

No comments yet