Kerajinan Enceng Gondok

Pada Mei lalu, mereka ikut pameran di Jepang. “Ini juga dampak baik langsung maupun tidak langsung dari Lapak Ganjar,” kata Firman.

Kerajinan Enceng Gondok

Selalu ada kisah yang menarik dan inspiratif dari para pelaku UMKM yang ikut di program #LapakGanjar.

Salah satunya diungkapkan oleh Firman Setyaji, pemilik usaha kerajinan bernama “Bengok Craft”. Firman mengaku sejak usahanya dipromosikan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo di akun Instagram, usahanya kian dikenal luas.

Bahkan, tahun ini mereka mulai pemasaran global. Pada Mei lalu, mereka ikut pameran di Jepang. “Ini juga dampak baik langsung maupun tidak langsung dari Lapak Ganjar,” kata Firman.

Bengok Craft bergerak di bidang kerajinan enceng gondok yang memberdayakan masyarakat di sekitar tempat tinggal Firman. “Kami mulai usaha ini tahun 2019,” ujar dia saat ditemui di Desa Kesongo, Kecamatan Tuntang, Kabupaten Semarang, Sabtu (14 Mei 2022).

Selama ini, fokus penjualannya dilakukan melalui Instagram dan WhatsApp. Menurut dia, pemasaran melalui media sosial cukup memberikan pengaruh besar untuk pasar nasional.

Terlebih, usai di-repost di #LapakGanjar, efek yang didapat luar biasa. Orderan pun membanjiri workshop-nya.

“Sejak dari Lapak Ganjar juga, dua tahun ini rutin terima pesanan parsel,” katanya. Tahun lalu, ia mendapatkan 120-an parsel dan 250 parsel pada tahun ini.

Bengok Craft saat ini memproduksi berbagai kerajinan, seperti sandal, tas, topi, baju, dan lain-lain.

Kerajinan Enceng Gondok

Nusanatara; Desain website oleh Cahaya Hanjuang

17-17-1679334440

Get involved!

Get Connected!
Come and join our community. Expand your network and get to know new people!

Comments

No comments yet