Perpajakan Di Hong Kong Paling Efisien Di Dunia
Indonesia Bagaimana?

Hong Kong memiliki sistem perpajakan yang unik dan terpisah dari sistem perpajakan Tiongkok. Pada umumnya, pajak di Hong Kong relatif rendah dan sistem perpajakan Hong Kong terkenal sebagai salah satu yang paling sederhana dan efisien di dunia.

Pajak penghasilan pribadi di Hong Kong terkumpul melalui sistem “pay-as-you-earn” (PAYE). Caranya pajak memperhitungkan dan terpotong langsung dari gaji bulanan pegawai. Pajak penghasilan perusahaan di Hong Kong kena pada laba bruto, dengan tarif pajak yang relatif rendah.

Selain itu, Hong Kong juga memiliki sistem pajak berganda. Pajak berganda adalah pajak penghasilan yang perolehan dari sumber di luar Hong Kong biasanya tidak terkena pajak. Atau terkena pajak tapi dengan tarif yang rendah sekali.

Namun, sejak tahun 2019, Hong Kong telah mengeluarkan sejumlah perubahan pajak. Contohnya seperti peningkatan tarif pajak penghasilan perusahaan dari 16,5% menjadi 17%. Dan ada juga pengenalan pajak nilai tambah (Pajak Barang dan Jasa) sebesar 0,1%. Hal ini harapannya dapat membantu memperkuat keuangan pemerintah Hong Kong dan mempromosikan pembangunan ekonomi jangka panjang.

Pajak Di Hong Kong Untuk Pekerja Migran Indonesia

Pekerja migran asal Indonesia yang bekerja di Hong Kong juga harus membayar pajak. Namun, pajak yang kena pada pekerja migran asal Indonesia di Hong Kong mungkin berbeda dengan pajak yang bagi warga negara Hong Kong atau warga negara asing lainnya yang bekerja di Hong Kong.

Pajak penghasilan pribadi yang kena pada pekerja migran asal Indonesia di Hong Kong ada peraturan dari Departemen Imigrasi Hong Kong (Immigration Department). Itu tergantung pada status migrasi, jenis pekerjaan, serta jumlah penghasilan yang terperoleh.

Pada umumnya, pekerja migran asal Indonesia yang bekerja di Hong Kong terkena pajak penghasilan pribadi dengan tarif yang sama seperti warga negara Hong Kong atau warga negara asing lainnya. yaitu sekitar 2% hingga 17% tergantung pada jumlah penghasilan. Namun, terdapat sejumlah peraturan khusus yang mengatur pajak pada pekerja migran asal Indonesia. Seperti misalnya pengaturan tentang pajak tambahan yang harus terbayarkan oleh pemberi kerja.

Sebagai pekerja migran, penting untuk mengerti aturan dan ketentuan pajak di Hong Kong. Dan memastikan bahwa pajak penghasilan telah terpotong secara benar oleh pemberi kerja atau telah terbayar secara mandiri.

Perpajakan Di Hong Kong

Nusanatara; Desain website oleh Cahaya Hanjuang

Perpajakan Di Hong Kong
About the author : Cahaya Hanjuang
Digital Business Community

Get involved!

Get Connected!
Come and join our community. Expand your network and get to know new people!

Comments

No comments yet