Kekuatan Maritim Nusantara Tangguh

Demak memang terkenal sebagai pusat perdagangan dan galangan kapal terkemuka di wilayah Jawa pada abad ke-15 dan ke-16 Masehi. Hingga masa pemerintahan Sultan Trenggana dari Kesultanan Demak, pusat perdagangan dan galangan kapal ini mencapai puncak kejayaannya. Dan menjadi yang terbesar di Asia Tenggara.

Galangan kapal Demak terkenal memproduksi kapal-kapal besar yang berguna untuk tujuan perdagangan dan ekspedisi laut. Kapal-kapal ini biasanya berukuran besar dan lengkap dengan berbagai perlengkapan dan senjata. Sehingga memungkinkan Jawa untuk memperkuat posisinya sebagai kekuatan maritim yang tangguh pada waktu itu.

Kekuatan Maritim Nusantara Tangguh

Keberhasilan Demak sebagai galangan kapal terbesar Asia Tenggara hingga abad ke-16 Masehi mencerminkan kemampuan keterampilan nelayan ahli pembuat kapal Jawa. Keberhasilan ini juga menunjukkan pentingnya perdagangan dan ekspedisi laut dalam membentuk kekuatan politik ekonomi kuat dan tangguh di wilayah tersebut.

Nusantara (Di)Minim(Kan) Catatan Sejarah

Sayangnya, tidak ada banyak catatan sejarah yang menunjukkan bahwa Nusantara keseluruhan adalah wilayah yang memiliki galangan kapal terbesar di Asia Tenggara sebelum abad ke-15 Masehi. Termasuk Demak. Sejarah mencatat bahwa sebelum abad ke-15, wilayah Jawa dan sekitarnya kekuasaan oleh berbagai tatanan kerajaan. Dan negara kota yang memiliki tradisi maritim yang kuat dan tangguh.

Kerajaan Sriwijaya dan Majapahit, misalnya. Keduanya terkenal sebagai kekuatan maritim yang besar pada masa itu dan memiliki armada laut yang kuat dan tangguh. Namun, tidak ada catatan sejarah yang secara khusus menunjukkan bahwa salah satu dari kerajaan tersebut menjadi galangan kapal terbesar di Asia Tenggara pada waktu itu.

Meskipun demikian, kerajaan-kerajaan tersebut terkenal sebagai pusat perdagangan dan pusat pengiriman kapal-kapal ke luar negeri, seperti ke Cina dan India. Oleh karena itu, perdagangan dan pembuatan kapal memainkan peran penting. Terutama dalam ekonomi dan politik di wilayah tersebut jauh sebelum abad ke-15 Masehi.

Demikian tangguh kekuatan maritim Nusantara berabad lamanya. Dan saat ini ternyata sangat sedikit catatan sejarahnya.

Kekuatan Maritim Nusantara Tangguh

Nusanatara; Desain website oleh Cahaya TechDevKlub Cahaya

7-7-1677748795

Get involved!

Get Connected!
Come and join our community. Expand your network and get to know new people!

Comments

No comments yet