Preman Akuntansi Konsultan Gelap Pajak
Bagian Ke-2

Semua tulisan saya masih jauh dari sempurna. Di kemudian hari bisa saja ada penambahan, pengurangan atau koreksi seperlunya.

Guru terbaik adalah diri sendiri..
Ajaran terbaik adalah terserah..

Terserah juga kalau elu lebih suka jadi pengkhianat teman, nanggung wirang jadinya..

Pengantar Tulisan

Akuntansi adalah pengetahuan yang lahir pada bangsa yang memiliki sumber daya sedikit tidak mencukupi kebutuhan semua bangsanya. Sehingga perlu mencatat untuk bisa mengetahui, membaca kembali, memeriksa dan bisa menghitung kekuatan sumber daya miliknya.
Bagi bangsa besar yang memiliki sumber daya berlimpah, jika dan hanya jika manusia-manusianya cerdas, tangguh, kuat. Mau mengabdi berkarya, bekerja keras menghasilkan karya daya cipta yang berdaya guna bagi budaya dan peradaban manusia seluruhnya, maka Akuntansi rasanya tidak akan menjadi penting lagi.

~ Cahaya Hanjuang ~

Ini sambungan Akuntansi Sederhana Dari Akhir Mundur Ke Awal, Dan Pajak – Bagian Ke-1. Sebelum melanjutkan dongeng, kita sambung dulu sedikit pelajaran Akuntansi dan Pajak sederhana dari saya. Di tulisan sebelumnya saya sudah menjelaskan ujung akhir pekerjaan Akuntansi berupa 2 laporan :

1. Neraca atau Balance Sheet
2. Laba / (Rugi) atau Profit (Loss) Statement

Preman Akuntansi Konsultan Gelap Pajak
Preman Akuntansi Konsultan Gelap Pajak

Ujung 2 bentuk laporan yang setidaknya hanya 2 lembar kertas untuk perusahaan kecil tersebut juga memulai dari dasar persamaan yang sebetulnya mudah dan sederhana.

Harta = Utang + Modal

Harta = Utang + Modal + (Pendapatan – Biaya)

Preman Akuntansi Konsultan Gelap Pajak

2 bentuk laporan akhir dan persamaan dasar Akuntansi tampaknya seperti susah dan rumit. Saya sudah memberi contoh berharap bisa membuatnya jadi lebih mudah untuk orang menjadi mengerti. Proses pekerjaan Akuntansi juga akan tampak rumit dan susah. Saya akan mencoba mensederhanakan juga cara untuk membuat orang menjadi mudah mengerti.

Kita sudah mempunyai kepala akun (head account) Harta, Utang, Modal, Penghasilan dan (Beban) Biaya. Jangan lupa :

Preman Akuntansi Konsultan Gelap Pajak
About the author : Cahaya Hanjuang
Digital Business Community

Get involved!

Get Connected!
Come and join our community. Expand your network and get to know new people!

Comments

No comments yet